Sejarah United

Manchester United FC (Biasa di singkat menjadi Man Utd, Man United, United atau hanya MU) adalah sebuah klub fenomena dunia, Ia di puja – puja oleh jutaan penggemar sepakbola di berbagai belahan dunia.

Klub ini pada awalnya beranggotakan sekumpulan pekerja depot kereta api pencinta sepakbola. Menyandang nama “Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway” atau biasa disingkat menjadi “Newton Heath LYR FC”. Pada tahun 1878 sebagai sebagai tim sepakbola depot Perusahaan Kereta Api Lancashire Yorkshire Railway di Newton Heath, Namanya berganti dr nama “Newton Heath” menjadi “Manchester United” pada tahun 1902. Klub ini meraih dominasi besar kejuaraan domestik semenjak berada di bawah arahan “SIR Alexander Chapman ‘Ferguson’ “, dan semenjak era Premiership di tahun 1992, Menjadi tim tersukses di dunia.

Kesuksesan ini bukannya tanpa kendala yang berarti. Perjalanan menjadi klub besar telah mengalami jatuh bangun. Perjalanan sejarah yang penuh gejolak telah menempa tim ini menjadi tim raksasa yang di segani di dunia.

Tragedi yang menjadi bagian penting dari sejarah Manchester United adalah hilangnya generasi pada tahun 1958 akibat kecelakaan pesawat yang menewaskan delapan anggota tim yang menghilangkan potensi klub ini merajai Eropa.

 “Tanggal, Bulan, Tahun serta Jam kejadian Tragedi Munich 1958 di Jerman”

Kejadian tersebut terjadi pada tanggal 06 Februari 1958, Pada saat itu United berlaga di Piala Winners atau yang sekarang lebih kita kenal UEFA Champions League. Saat itu United baru saja pulang dari Belgrade. Dalam perjalanan pulang ke Manchester, Pesawat yang mereka sewa mendarat di Munich, Jerman untuk mengisi bahan bakar. Setelah selesai mengisi bahan bakar, pesawat terhadang cuaca salju yang lebat sehingga batal terbang sebanyak 2 kali, Akhirnya pada percobaan terakhir yang ketiga, pesawat tergelincir keluar dari landasan, lalu menabrak sebuah rumah dan meledak.

Berikut daftar penumpang sekaligus kru United termasuk sang Manajer SIR Matt Busby yang berhasil selamat dari kejadian naas tersebut :

  1. Duncan Edwards : Bek tengah, Usia 21 Th, tampil 175 kali untuk Manchester United , 21 gol, 18 caps Inggris, 5 gol untuk Timnas Inggris.
  2. Liam “Billy” Whelan : Penyerang, Usia 22 Th, tampil 96 kali untuk Manchester United, 52 gol, 4 caps bersama Irlandia.
  3. Tommy Taylor : Penyerang, Usia 26 Th, 189 kali memperkuat Manchester United, 128 gol, 19 caps Inggris, 6 gol.
  4. Roger Bryne : Bek Tengah, Usia 28 Th, 277 kali memperkuat Manchester United, 19 gol, 33 caps Inggris.
  5. Eddie Colman : Bek Tengah, Usia 21 Th, 107 kali memperkuat Manchester United, 2 gol.
  6. David Pegg : Penyerang, Usia 22 Th, 148 kali merumput bersama Manchester United, 28 gol, caps Inggris.
  7. Geoff Bent : Bek Tengah, Usia 25 Th, 12 kali memperkuat Manchester United.
  8. Mark Jones : Bek Tengah, Usia 24 Th, 120 kali memperkuat Manchester United, 1gol.

“Delapan pemain United yang tewas dalam Tragedi Munich 1958”

Delapan pemain yang menumpang di dalam pesawat tersebut pun tewas, dan Manajer tim SIR Matt Busby pun mengalami luka parah dan dua kali mengalami sakramen perminyakan, yaitu sakramen bagi orang yang sudah hampir meninggal, Namun, pada hari ke sebelas Matt Busby berhasil bangkit mengatasi krisis dan keluar dari rumah sakit. Ia pun berjuang membangun tim dari awal lagi. Dan, satu dasawarsa setelah musibah pesawat tersebut, Man United meraih trophy Eropa atau biasa di sebut UEFA Champions League pertamanya, Sekaligus menjadi klub Inggris Pertama yang menjuarai piala Eropa.

Tragedi dan prestasi selalu menghiasi sejarah Man United. Selain meraup prestasi yang mengundang decak kagum penggemarnya di seluruh dunia. Ia juga menorehkan tragedi di sepanjang perjalanan kariernya. Setelah kekalahan di final piala FA pertama kalinya selama satu dasawarsa, di taklukan oleh Southampton, peristiwa di pecatnya Manajer tim Docherty, akibat skandal dengan istri terapis klub, kasus perjalanan industri daging dan suap yang di tuduhkan kepada ketua klub, Louis Edwards pada tahun 1980. Akhirnya di tahun 1993, Man United meraih titel pertamnya setelah masa penantiannya selama 26 tahun.

Sejarah panjang kesulitan dan kebangkrutan sempat menghiasi Man United, tetapi kemudian mereka berhasil membuktikan pada dunia bahwa mereka adalah tim yang tangguh dengan mengukir prestasi-prestasi spektakuler di kancah sepakbola dunia.

Sumber : Buku “The Man Utd Full Story” karangan Tiga Serangkai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s